Jumat, 25 Januari 2013

Attachment dan Pop mail

apa yang anda ketahui tentang attachment dan pop mail?
Attachment
Mungkin banyak yang belum dapat menjelaskan tentang penggertian attachment atau definisi attachment secara detail.
Pengertian attachment adalah fasilitas yang disediakan pada suatu website atau email untuk dapat mengirimkan dokumen baik berupa gambar, data, musik, dan dokumen lainnya yang selanjutnya akan diupload ke internet.

Dengan adanya attachment sangat memudahkan kita kalau misalnya mau bertukar informasi atau mengirim dokumen penting, karena yang perlu kita lakukan hanyalah mengupload dokumen tersebut ke server, maka orang lain sudah dapat mendownloadnya dari tempat lain.
Fungsi attachment
Attachment adalah perintah mengirim file melalui email. Kadang saat
kita mengirimkan surat kita ingin mengikutkan lampiran surat yang lain sehingga surat yang kita buat menjadi lebih lengkap tetapi tidak terlalu panjang.
Dalam lampiran attachment surat ini ada beberapa dokumen yang dapat kita lampirkan juga, misalnya: document word ataupun power point.
Singkatnya, fungsi Attachment File dalam sebuah email yaitu untuk
mengirimkan suatu file (baik berupa video,gambar,animasi dll)
melalui email ke
alamat email tujuannya, karena attachment file itu sendiri adalah
perintah – perintah untuk mengirimkan suatu file melalui email.
Sedangkan cara melakukan Attachment File ialah :
- klik compose pada pilihan yang ada pada email anda
- klik attachment file
- Klik Browse
- Pilih file yang diinginkan
- Klik Attach File
- Pilih Done
- Klik Send

CARA MENGIRIMKAN FILE, GAMBAR, DLL ATAU DISEBUT "ATTACHMENT" DI EMAIL.

1. Masuk ke URL/Alamat  Email Yahoo seperti biasa, http://www.mail.yahoo.com. Maka akan tampil gambar Login Email seperti di bawah. 

Kemudian Masukkan alamat Email dan Password  yang sudah kamu Catat tadi.

2. Jika Pengisian Email dan Pasword kamu sudah benar, selanjutnya Klik "SIGN IN", maka akan tampil halaman dalam Email kamu seperti gambar di bawah ini :
Catatan : Tanda Panah biru : menunjukkan tombol untuk 'MEMBUKA" tampilan :email, instant massage, SMS. Untuk membuat Email baru PILIH "EMAIL" atau tanda "N". Maka akan tampil gambar berikut ini :














Masukkan alamat email tujuan :
to : smp.attaqwapusat@gmail.com
cc : boleh kosong
subject : UJIAN PRAKTIK TIK

MELAMPIRKAN FILE DATA (ATTACHMENT)

3. Jika sudah selesai menulis email tujuan, dan mengetik surat, Langkah berikutnya MELAMPIRKAN (ATTACHMENT FILE) yang akan dikirim bersama surat ini (lampirannya). Dengan Cara Klik "Attach File" bertanda lingkaran (lihat Gambar) :














4. Jika sudah diklik lingkaran di atas, maka akan tampil kotak Dialog untuk mencari FILE DATA TUGAS di KOMPUTER anda untuk di masukkan sebagai lampiran Email. Seperti gambar di bawah ini. 
Setelah file data ketemu, Klik OK. dan tunggu sampai uploading file benar-benar selesai.

5. Jika sudah benar selesai, Melakukan Pengiriman ke Email tujuan, yaitu dengan cara Klik "SEND" di bagian bar. (cari saja yang tulisan "SEND". Maka akan tampil kepastian Email telah TERKIRIM seperti gambar di bawah ini.
 6. Selesai. dan Keluar dari Email anda.


Cara Langsung Menyimpan File Attachment di Gmail ke Google Drive

Google dikenal sebagai situs pencari terbesar di dunia. Selain itu, Google juga menawarkan berbagai jenis layanan. Dari sharing video melalui Youtube, layanan email gratis dengan Gmail dan lain-lain. Selain itu, Google pun menyediakan layanan penyimpanan awan dengan Google Drive.













Google Drive ini pun memberikan Anda kapasitas penyimpanan awan sebesar 5GB secara gratis. Cara untuk memperoleh layanan awan ini pun sangat mudah. Anda hanya tinggal membuat akun Google. Tidak sulit bukan? Selain itu, layanan awan ini juga menyediakan kapasitas penyimpanan yang lebih besar dengan tarif tertentu. Sebagai contoh, kapasitas penyimpanan 25GB bisa diperoleh dengan biaya $2.49 USD per bulan, 100 GB seharga $4.99 USD per bulan serta 1TB yang dipatok seharga $49.99 USD per bulan.
Selain memberikan layanan penyimpanan awan dengan kapasitas yang besar, Google Drive juga bisa digunakan secara terintegrasi dengan layanan Google lain. Salah satunya adalah dengan Gmail. Dengan mengintegrasikan Gmail dan Google Drive, Anda bisa secara langsung menyimpan sebuah file Attachment di email ke dalam Google Drive. Lalu bagaimana cara melakukannya?
1) Tidak terlalu sulit ternyata. Pertama, integrasi layanan Google Drive dalam Gmail ini hanya bisa digunakan pada Google Chrome. Selain itu, untuk saat ini masih belum bisa dilakukan. Jadi, pastikan Anda telah menginstal browser Google Chrome di komputer atau perangkat mobile Anda.
2) Kedua, yang Anda butuhkan adalah sebuah ekstensi Google Drive yang bisa Anda unduh dari Chrome Webstore. Anda bisa mengunduh ekstensi gratis yang satu ini di sini https://chrome.google.com/webstore/detail/apdfllckaahabafndbhieahigkjlhalf . Yang perlu diperhatikan, dalam proses pengunduhan, akses internet yang Anda miliki harus cepat. Kalau akses internet yang Anda gunakan tidak terlalu cepat alias lemot, bisa-bisa proses pengunduhan akan gagal.












3) Selanjutnya, Anda tinggal klik tombol Add to Chrome yang terletak pada bagian atas. Dan, setelah Anda klik tombol tersebut, maka browser akan secara otomatis mengunduh ekstensi tersebut. Dan, jika proses instalasi telah berhasil, maka akan muncul notifikasi seperti berikut.








4) Dan, kalau proses yang Anda lakukan benar, maka Anda sudah bisa menyimpan file attachment Anda secara langsung ke Google Drive.






POP MAIL
Pengertian POP mail adalah e-mail yang diterima melalui Internet Service Provider yang menjadi langganan kita.
     Kelebihan POP mail adalah dapat dibaca dalam kondisi offline (tidak terhubung ke internet). Mengecek e-mail dapat dilakukan dengan cara menghubungkan komputer ke internet, kemudian mendownload e-mail dari server alamat e-mail dan memutuskan hubungan dengan internet. Setelah itu, kita dapat membaca satu persatu e-mail yang diterima. Setelah membaca dan membuat balasan, kita dapat menghubungkan kembali komputer ke internet dan kemudian mengirimkan balasan e-mail yang sudah dibuat. Dengan cara seperti ini, kita tidak perlu berlama-lama terhubung ke internet, sehingga biaya akses internet menjadi lebih murah.
     Untuk mendownload e-mail dari server alamat e-mail dan mengirimkan balasannya, kita harus mempunyai program client mail, seperti Eudora atau Microsoft Ountlook Express di komputer yang digunakan. Agar program itu dapat digunakan, kita harus melakukan pengaturan di program tersebut terlebih dahulu.
     Kekurangan dari POP mail adalah kita tidak dapat membuka e-mail dari sembarang tempat. Jika ingin melakukannya di komputer lain, terlebih dahulu kita harus melakukan pengaturan ulang. Selain itu, jika kita menggunakan akses internet yang perhitungan biayanya berdasarkan besar file yang didownload, bukan berdasarkan lama koneksi, biaya yang dikeluarkan akan sama saja.


Web based e-mail adalah layanan e-mail yang basis aksesnya adalah dalam bentuk halaman web. Jika ingin mengakses, memeriksa atau mengirim e-mail, maka harus masuk ke situs web penyedia layanan e-mail dimaksud. Tidak ada jalan lain untuk mengakses e-mail kecuali dengan cara tersebut.

POP (Post Office Protocol) merupakan protokol yang digunakan untuk mengambil pesan dari mailbox pada komputer server dan menyimpannya pada komputer lokal pengguna POP3.
POP3 mengambil e-mail dari server dengan satu kali koneksi. Artinya pada saat kita ingin membaca e-mail maka kita harus melakukan proses sinkronisasi di aplikasi e-mail client sehingga semua e-mail akan ditarik ke komputer lokal pada saat terjadi koneksi internet ke server.

cPanel11 x3 end-user series

Membuat akun POP email dalam cPanel

Demo ini berasumsi bahwa anda sudah login ke cPanel
Sekarang kita coba membuat akun POP email baru
Klik ikon Email Accounts

Akan ada akun POP email dalam daftar di sini. Ini adalah akun POP email utama dalam setiap akun hosting. Dalam demo ini adalah, abc123c@abc123.com

Tapi dalam demo kita tidak menggunakan akun tersebut. Kita akan membuat akun POP email baru.
Masukkan alamat email baru untuk akun POP ini




Catatan: jika anda memiliki beberapa domain dalam satu akun hosting (mis. dengan domain parking atau addon), pastikan memilih domain yang benar saat membuat akun POP email
Lalu masukkan password untuk akun baru ini
Masukkan password sekali lagi di sini


Anda bisa menentukan kuota untuk akun email ini
Klik tombol Create
Klik No (kita bisa mengaturnya nanti)
Selesai! Anda sudah membuat satu akun POP email
Dari sini kita bisa mengakses Webmail.....





Mengubah kuota 
Mengubah password...... 
Mengkonfigurasi Mail client.....

Atau menghapus (Delete) akun email ini
Anda bisa membuat akun email sebanyak yang dibolehkan pada paket hosting anda
Ini adalah akhir tutorial. Sekarang anda sudah mengetahui cara membuat akun emil POP, dan konfigurasinya dengan program email anda (mis.Outlook, Outlook Express, Thunderbird, dsb)

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar